WAKTU IDEAL BEROLAHRAGA


Arief WibisonoArief Wibisono, 03 Jun 2021

Olahraga Setiap Hari

Selain memakan makanan yang sehat dan bergizi, olahraga juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Dengan berolahraga kita akan tetap produktif karena terhindar dari berbagai macam keluhan kesehatan dan penyakit. Tetapi, walaupun mengetahui betapa perlunya olahraga, masih banyak orang yang tidak melakukannya, padahal olahraga nyatanya tidak memerlukan waktu yang lama setiap harinya.

 

Berapa Lama Waktu Ideal Berolahraga?

Olahraga sangat penting dilakukan. Jangan pernah berpikir bahwa semakin lama berolahraga maka semakin bagus, karena nyatanya olahraga berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Dalam keseharian, Anda direkomendasikan untuk melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu, atau 30 menit setiap hari atau minimal 3-5 hari dalam seminggu.

Lebih ringkasnya, dalam sehari Anda direkomendasikan berolahraga selama 30 menit saja. Lalu hal ini dilakukan minimal 3 kali dalam seminggu. Mudah bukan?

 

Bagaimana Jika Olahraga Dilakukan Berlebihan?

Olahraga bermanfaat untuk menjaga kesehatan, termasuk mempertahankan berat abdan agar tidak berlebihan. Namun banyak orang yang salah kaprah dengan terlalu memaksakan berolahraga hingga berlebihan. Padahal, overtraining akan membuat tubuh anda stress sehingga Anda akan merasakan kelelahan berkepanjangan, kehilangan motivasi, mudah marah, memperburuk kualitas tidur, bahkan membuat otot dan sendi anda cedera.

Maka dari itu, lebih baik olahraga 30 menit sehari tapi sering dan konsisten, daripada olahraga sekali saja tapi berlebihan.

 

Apa Yang Harus Diperhatikan Selama Proses Olahraga?

Selain memperhatikan waktu, Anda juga harus memperhatikan kondisi tubuh Anda. Tubuh anda adalah mesin tercanggih di dunia. Anda harus peka dengan tanda-tanda atau sinyal yang diberikan tubuh. Anda harus menyadari kondisi tubuh Anda.

Selain itu, pastikan untuk selalu pemanasan sebelum olahraga dan peregangan atau pendinginan setelah berolahraga. Hal ini bertujuan untuk membuat tubuh anda lebih fleksibel, menurunkan risiko cedera, bahkan untuk meningkatkan hasil dari proses olahraga Anda.

Jika Anda memiliki tujuan tertentu dalam berolahraga, seperti ingin menurunkan/ menaikkan berat badan dan sebagainya, atau merasa perlu arahan, sebaiknya Anda berolahraga dengan didampingi oleh pelatih atau coach professional agar olahraga Anda berjalan dengan baik dan tujuan Anda dapat tercapai dengan maksimal.

 

Dimana Saya Bisa Berolahraga Dengan Aman?

Jika anda wanita, Anda bisa memilih Curves Indonesia sebagai tempat Anda berolahraga. Curves  adalah gym khusus wanita yang telah memiliki cabang di lebih dari 90 negara di dunia. Curves adalah olahraga yang aman dan efektif karena menggunakan mesin hidrolik khusus wanita dan Anda pun akan selalu didampingi pelatih professional.

 

Silahkan kirimkan NAMA + NO HP + KLUB TERDEKAT ke DM Instagram @curvesindonesia untuk pendaftaran dan info selanjutnya.