TIPS SEHAT BEKERJA DI DEPAN KOMPUTER


Arief WibisonoArief Wibisono, 09 Jun 2021

Tips Sehat Bekerja Di Depan Komputer

 

Di era sekarang, bekerja di depan komputer baik itu di kantor ataupun di rumah, adalah kegiatan yang umum dilakukan. Hal iu bahkan bisa dilakukan sepanjang hari. Bahkan, karena keasyikan, mungkin Anda juga sering lupa waktu sehingga melewatkan waktu makan, minum, bahkan lupa untuk bergerak.

Jika hal itu dilakukan secara terus-menerus, tubuh Anda pun akan merasakan dampak buruknya, kelebihan berat badan, masalah punggung, dan beberapa masalah kesehatan lainnya. Untuk meminimalisir akibat buruk bekerja di depan komputer, Curves punya beberapa tips untukmu:

 

  1. Atur Posisi Duduk

Meja duduk ataupun meja berdiri sama buruknya jika digunakan dalam waktu yang lama tanpa henti. Tubuh Anda tidak diperuntukkan duduk di depan komputer sepanjang hari karena hal tersebut membuat tubuh mendapat banyak tekanan. Hal itu pun akan diperparah jika posisi duduk anda tidak baik, seperti membungkuk saat bekerja.

Dengan demikian, untuk mengurangi dampak buruk dari hal tersebut, mulailah dengan mengatur posisi duduk Anda. Selalu perhatikan posturmu saat duduk, jangan sampai tubuhmu bungkuk karena dapat menyebabkan sakit punggung.

 

  1. Jaga Kebersihan Meja

Salah satu hal yang sering diabaikan oleh Anda adalah kebersihan meja kerja. Jika meja tidak rutin dibersihkan, dari waktu ke waktu bakteri akan menumpuk dan akan menimbulkan penyakit pada diri Anda.

Mulai sekarang cobalah untuk secara teratur membersihkan meja, layar komputer, keyboard, mouse, dan seluruh area kerja Anda setiap hari. Jangan lupa untuk melengkapi lap sanitasi dengan mencuci tangan secara teratur dan selalu sediakan handsanitizer di meja kerja Anda.

 

  1. Selalu Sediakan Air Putih dan Makanan Sehat

Bekerja di depan komputer sering membuat Anda lupa waktu. Anda pun sering melewatkan waktu makan dan minum. Sekalinya ingat makan, Anda terburu-buru sehingga memesan junkfood. Padahal, junkfood mengandung kalori, gula, dan lemak yang tinggi sehingga justru akan menambah masalah pada kesehatan Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk selalu menyediakan air minum, juga menyiapkan dan membawa bekal berisikan makanan atau cemilan sehat, seperti salad, yogurt, ayam bakar, dan sebagainya.

 

  1. Istirahatkan Mata Dari Layar Komputer

Menatap layar komputer sepanjang hari membuat mata Anda tegang dan lelah. Anda juga terkadang lupa untuk berkedip secara konsisten seperti biasanya. Jika terus begitu, lama-kelamaan Anda akan terkena masalah penglihatan, sakit kepala, dan sebagainya.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk secara sadar berkedip, dan meluangkan waktu selama beberapa menit untuk menutup mata dan membiarkannya beristirahat.

 

  1. Bangun Dan Bergerak Secara Teratur

Yang terpenting dalam bekerja di depan komputer adalah selalu berusaha untuk menyempatkan bangun dan bergerak di sela-sela duduk menatap layar. Agar tidak lupa, Anda bahkan bisa juga mengatur alarm setiap jam.

Bangun dan bergeraklah selama beberapa menit. Anda bisa berjalan ke toilet atau berkeliling sejenak untuk membantu mengurangi ketegangan pada punggung dan leher, menjaga fleksibilitas tubuh, meningkatkan sirkulasi darah Anda, dan juga membakar kalori.

 

Nah itulah 5 tips bekerja sehat di depan komputer. Untuk menjaga kesehatan Anda secara maksimal, sempatkanlah untuk berolahraga rutin minimal 3 kali dalam seminggu. Anda bisa daftar ke Curves Indonesia dan melakukan konsultasi dengan para coach untuk menyesuaikan metode olahraga dengan kondisi tubuh Anda.

Segera kirimkan Nama+No HP+Klub Terdekat ke DM Instagram Curves Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.