Serangan Jantung – Gejala dan Cara Pencegahannya


Arief WibisonoArief Wibisono, 04 Nov 2021

Serangan jantung adalah gangguan serius yang disebabkan oleh terhambatnya aliran darah ke otot jantung. Hal tersebut bisa merusak bahkan menghancurkan otot jantung, dan akan mengganggu fungsi jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Karena bisa berakibat fatal, penyakit jantung dikategorikan sebagai penyakit serius.

Dengan demikian, jika seseorang mengalami serangan jantung, ia harus segera dibawa ke rumah sakit untuk segera mendapat penanganan yang tepat. Kemudian, alangkah lebih baiknya, jika Anda bisa mengetahui gejala serangan jantung, dan cara mencegah terjadinya serangan jantung.Yuk simak ulasannya di bawah ini!

 

Gejala Serangan Jantung

Beberapa gejala serangan jantung yang perlu diwaspadai yakni:

  • Nyeri dada atau ditambah nyeri di beberapa bagian tubuh lainnya

Serangan jantung biasanya ditandai dengan rasa tidak nyaman atau sakit (seperti ditekan atau tertekan) pada dada bagian tengah atau kiri. Hal ini biasanya berlangsung selama beberapa menit kemudian menghilang. Selain nyeri pada dada, dalam beberapa kasus juga bisa terjadi rasa tidak nyaman atau nyeri pada bagian tubuh lainnya seperti rahang, leher, dan punggung.

  • Keringat dingin, pusing, kelelahan, dan pingsan

Serangan jantung biasanya juga ditandai dengan keringat dingin, lalu disusul oleh rasa pusing, kelelahan, hingga pingsan.

  • Sesak napas atau napas terasa berat

Gejala lain dari serangan jantung yakni mengalami sesak napas atau napas terasa berat.

Walaupun demikian, ada juga serangan jantung yang tidak ditandai dengan gejala-gejala di atas, bahkan ada pula yang tidak memiliki gejala sama-sekali. Maka dari itu, lebih baik Anda melakukan pencegahan sejak dini untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung.

 

Cara Mencegah Serangan Jantung

Sebenarnya, serangan jantung dapat dicegah melalui berbagai hal, yakni:

  • Menjaga berat badan atau mengurangi penumpukan lemak di berbagai bagian tubuh seperti perut, dll
  • Memperbanyak konsumsi serat dan lemak tak jenuh
  • Mencegah atau mengobati penyakit hipertensi dan diabetes
  • Berhenti merokok dan berhenti meminum minuman beralkohol
  • Mengelola stress dan menjaga tekanan darah
  • Berolahraga secara teratur

 

Sehat Bersama Curves Indonesia

Anda dapat menjalani gaya hidup sehat secara menyenangkan dan jangka panjang bersama Curves Indonesia. Curves merupakan tempat olahraga khusus wanita yang menerapkan gabungan latihan kardiovaskuler dan kekuatan otot secara aman dan efektif hanya 30 menit. Selama latihan, Anda pun akan didampingi oleh coach tanpa tambahan biaya lagi. Selain mendampingi saat latihan, para coach pun akan membantu memantau kondisi dan perkembangan Anda serta membantu Anda meraih goals Anda secara menyenangkan ?

Khusus bulan November, Anda akan mendapatkan DISKON 47% dan GRATIS gloves+cooling towel !!!!