Peregangan Maksimal Untuk Hasil Optimal


Nada Fillyaninda WriterNada Fillyaninda Writer, 12 May 2023

Siapa diantara kalian yang masih lupa untuk melakukan peregangan setelah berolahraga? Padahal selain pemanasan, peregangan atau pendinginan adalah kunci agar tubuh tetap segar. Peregangan sesudah latihan juga memiliki peran penting dalam fleksibilitas otot serta meningkatkan jangkauan gerak tubuh. Apakah kamu pernah mengeluh nyeri pada bagian tertentu setelah berolahraga? Ini adalah salah satu gejala yang disebabkan karena kurangnya peregangan setelah latihan. Kita intip yuk beberapa manfaat peregangan setelah berolahraga!

 

Dapat meningkatkan fleksibilitas

Fleksibilitas inilah yang memungkinkan jaringan dan persendian bergerak dengan nyaman melalui rentang gerak penuh. Menurut penelitian di Jurnal Internasional Terapi Fisik Olahraga menunjukkan bahwa peregangan statis dan peregangan dinamis dapat secara efektif meningkatkan jangkauan gerak. “Melakukan bentuk yang tepat di hampir semua latihan membutuhkan mobilitas dan kelenturan pada persendian dan otot,” katanya. Berbagai gerakan juga akan membantu kamu bergerak lebih efektif dalam kehidupan sehari-hari, kamu mungkin merasa sedikit lebih lentur setelah satu sesi peregangan tetapi meningkatkan kelenturan adalah permainan yang panjang dan membutuhkan peregangan teratur beberapa kali seminggu.

 

Dapat membantu mencegah cedera

Penelitian tentang apakah peregangan benar-benar dapat membantu mencegah cedera (dan menunjukkan bahwa jawabannya sangat tergantung pada aktivitas yang tepat dan jenis peregangan yang digunakan). Fleksibilitas yang lebih baik menghasilkan rentang gerak yang lebih luas dan membuatnya lebih mudah untuk melakukan latihan dengan bentuk yang tepat, peregangan dapat mengurangi risiko cedera, meskipun secara tidak langsung.

 

Ini membantu latihan kekuatan

Salah satu manfaat peregangan yang tidak banyak diketahui adalah kekuatan yang lebih baik. “Orang-orang tidak menganggap peregangan ada hubungannya dengan kekuatan atau kekuatan, tetapi itu benar-benar terjadi,” kata Beldini. Untuk memanfaatkan potensi kekuatan penuh otot, kamu perlu berkontraksi dan memperpanjang jaringan otot sepenuhnya. Meningkatkan jangkauan gerakmu membuat kamu dapat merekrut, atau menggunakan, seluruh panjang otot.

Dengan tidak bergerak melalui rentang gerak penuh sendi, kamu kehilangan beberapa potensi peningkatan kekuatan yang serius. Tetapi dengan rentang gerak yang lebih besar, kamu akan dapat melakukan curl ke tingkat yang lebih tinggi, meningkatkan kekuatan lebih banyak.

 

Membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih mudah

Jaringan ikat dan otot yang lebih lentur memudahkan untuk melakukan aktivitas hidup sehari-hari. Meningkatkan jangkauan gerak, yang membuat lebih mudah untuk melakukan hal-hal seperti menyentuh jari kaki atau menjangkau tinggi dan ini bisa dibilang hal terpenting yang dilakukan peregangan untuk kita. Dan itu semakin penting seiring bertambahnya usia.

Tentu, olahraga sangat bagus untuk menjadi lebih kuat dan menyelesaikan latihan yang mengesankan atau berkompetisi di sirkuit, tetapi kemampuan untuk membuat hidup sehari-hari lebih mudah inilah yang merupakan salah satu manfaat peregangan yang paling patut dibanggakan.

 

Ini membantu Anda menenangkan diri setelah berolahraga

Meregangkan otot yang lelah dan pegal setelah berolahraga sangat penting karena meningkatkan kelenturan dan mengurangi ketegangan otot. Peregangan pasca latihan tidak akan menghentikan anda dari rasa sakit sepenuhnya dan nyeri otot yang tertunda yang berasal dari robekan mikro di otot, tetapi dengan melakukan peregangan dapat mengurangi ketegangan mungkin membuat kamu merasa tidak terlalu sakit secara keseluruhan.

Gimana nih? Sekarang kita sudah paham pentingnya peregangan untuk tubuh kita dan setelah berolahraga untuk membantu tubuh yang semula beraktivitas karena latihan menjadi kembali tenang, Olahraga membuat tekanan darah dan detak jantung meningkat. Jika kamu menghentikan aktivitas otot-otot tubuh dengan tiba-tiba usai olahraga yang intens, maka suhu tubuh akan menjadi dingin dengan tiba-tiba juga. Kamu tidak ingin hasil olahragamu sia-sia, bukan? Jadi, pastikan untuk selalu melakukan peregangan setelah olahraga agar otot yang sudah kamu latih menjadi lemas dan rileks lagi, ya!