Manfaat Vitamin D Untuk Meningkatkan Imunitas


Arief WibisonoArief Wibisono, 03 Aug 2021

Vitamin D terkenal sebagai vitamin yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah osteoporosis. Padahal, selain itu vitamin D juga dapat memberi beragam manfaat lainnya untuk tubuhmu, seperti membantu pembentukan tulang dan gigi, membantu penyerapan kalsium, menjaga kesehatan otot, jantung, dan otak, bahkan ternyata vitamin D juga bermanfaat untuk membantu menjaga bahkan meningkatkan imunitas. Dengan demikian, tidak heran apabila ada juga yang menyebut vitamin D sebagai vitamin daya tahan tubuh.

 

Penuhi Asupan Vitamin D Harianmu

Lalu bagaimana caranya agar asupan vitamin D harian kita terpenuhi? Ini caranya:

  • Memakan Makanan Bervitamin D

Mulai sekarang, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti kuning telur, jamur, sarden, udang, salmon, tuna, daging tanpa lemak, hati, susu, dan sebagainya.

  • Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Vitamin D berbeda dengan vitamin lainnya. Vitamin D akan diproduksi secara alami saar berjemur di bawah sinar matahari. Maka dari itu, penting bagi Anda untu berjemur 15-20 menit minimal 3 kali dalam seminggu.

  • Mengonsumsi Suplemen Vitamin D

Suplemen bukanlah hal yang utama, karena suplemen hanya berfungsi sebagai pelengkap kebutuhan nutrisi tubuh, bukan sebagai pengganti nutrisi dari makanan. Konsumsilah suplemen vitamin D sesuai petunjuk dan sebaiknya dikonsumsi bersama makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Perlu diketahui bahwa rekomendasi asupan vitamin D harian yakni 400 IU (untuk bayi hingga usia 1 tahun), 600 IU (untuk usia 1-70 tahun), dan 800 IU (untuk usia 70 tahun ke atas). Maka dari itu jangan sampai Anda terlalu berlebihan mengonsumsi vitamin D karena dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti telinga berdenging, sakit perut, melemahnya otot tubuh, hingga gagal ginjal.

 

Tetap Bergerak dan Olahraga Teratur

Selain menjaga asupan, termasuk vitamin D, hal penting yang harus dilakukan adalah untuk tetap bergerak dan berolahraga secara teratur. Lakukanlah berbagai kegiatan untuk melatih fisikmu. Selama PPKM berlangsung, Anda dapat berjalan kaki di daerah aman dan terbuka di sekitar rumah Anda pada pagi hari untuk bergerak, sekaligus mendapatkan sinar matahari langsung.

Setelah PPKM selesai, Anda dapat kembali berolahraga di Curves dengan menerapkan protokol kesehatan. Bersama Curves Indonesia, Anda akan berolahraga efektif dan efisien selama 30 menit saja. Melalui olahraga di Curves, seluruh bagian fisikmu akan dilatih sesuai dengan kondisi tubuhmu. Selain itu, para coach pribadimu akan memandumu untuk mencapai gaya hidup sehat yang dapat berlaku untuk jangka panjang.

 

Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Curves Indonesia?

Silahkan Klik Tautan Di Bawah Ini

Tentang Curves Indonesia

Daftar Lokasi Curves Indonesia

Instagram Curves Indonesia

Facebook Curves Indonesia

Youtube Curves Indonesia