Makanan Tradisional Indonesia Sehat dan Bergizi


Arief WibisonoArief Wibisono, 15 Mar 2021
  1. Gado-gado dan Karedok

Banyak orang menyatakan tidak menyukai sayuran karena rasanya  yang hambar dan dianggap tidak lezat. Salah satu solusinya adalah dengan mengolah sayuran tersebut menjadi gado-gado atau karedok.

Biasanya, salad ala Indonesia ini terdiri dari beberapa jenis sayuran seperti selada, kol, timun, dan sayuran lainnya, yang dilengkapi dengan telur rebus, tahu, dan tempe yang kemudian disiram dengan saus kacang.

Gado-gado dan karedok memiliki bahan dasar yang mirip, perbedaannya, sayuran dalam gado-gado adalah sayuran yang sudah direbus atau dikukus, sementara karedok menyajikan saryuran yang belum diolah.

 

  1. Rujak

Indonesia memiliki beragam jenis rujak. Pertama yakni rujak buah. Rujak buah tergolong makanan sehat karena terdiri atas berbagai jenis buah-buahan yang dipotong atau diserut yang disertai bumbu rujak yang menyajikan perpaduan rasa manis, pedas dan asam yang menyegarkan.

Selain rujak buah, ada pula rujak cingur. Pada awalnya makanan tradisional ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur, namun karena digemari banyak orang, kini rujak cingur sudah mulai menyebar ke berbagai daerah lainnya. Rujak cingur terdiri dari berbagai macam sayuran rebus, lalu ditambah bengkoang, manga muda, nanas, mentimun, lontong, dan irisan cingur atau moncong sapi, yang kemudian disiram dengan bumbu kacang.

 

  1. Pepes

Di Indonesia, khususnya Jawa Barat, terdapat beragam pepes, yakni pepes ayam, pepes ikan, pepes tahu, pepes jamur, dan sebagainya. Makanan tradisional ini disebut sehat karena mengandung protein tinggi, menggunakan bumbu yang terdiri dari berbagai jenis rempah-rempah, dibungkus dengan daun pisang, dan diolah dengan cara dikukus.

 

  1. Urap

Urap adalah perpaduan berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkong, daun singkong, daun papaya muda, kubis, taoge dan kacang panjang, yang dipotong dan direbus atau dikukus yang dicampur dengan kelapa parut dan dibumbui dengan berbagai jenis rempah-rempah. Urap biasanya disajikan sebagai makanan pendamping dalam  tumpeng, maka dari itu, dalam penyajiannya, urap sama sekali tidak mengandung daging. Dengan demikian, urap dapat menjadi salah satu menu pilihan makanan vegetarian.

 

  1. Sayur Asem

Sayur asem mengandung banyak sayuran yakni jagung, kacang tanah, kacang panjang, labu, dan melinjo. Sayur asem juga  tidak melalui proses penggorengan, dan rendah kalori. Dengan demikian, kedua makanan ini memberikan efek yang baik bagi tubuh, seperti memenuhi nutrisi harian dan melancarkan pencernaan.

 

Itulah beberapa dari sekian banyaknya makanan tradisional Indonesia yang sehat dan bergizi.

 

Simak artikel lainnya DI SINI.