Dengarkan Tubuh-Mu!


Nada Fillyaninda WriterNada Fillyaninda Writer, 05 Jan 2023

Cara menjaga kesehatan agar tidak mudah sakit sering dicari oleh orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi. Orang yang aktif rentan untuk terkena berbagai macam penyakit dibandingkan dengan orang yang memiliki sedikit mobilitas. Oleh sebab itu sangat penting bagi kita yang aktif untuk memperhatikan kesehatan diri kita masing-masing.

Orang yang mempunyai kesibukan tinggi akan mudah sekali lelah. Saat tubuh capek ataupun lelah sistem imun akan melemah, dan saat imun melemah itulah berbagai macam penyakit akan bisa masuk ke dalam tubuh. Orang yang sibuk dengan pekerjaannya pun akan kesulitan dalam mengatur pola tidurnya sehingga saat seseorang memiliki jam tidur malam yang sedikit dia akan mudah terkena berbagai macam penyakit akibat kurang tidur.

Tidak hanya itu saja orang dengan kesibukan tinggi sering terkena stres dimana stres itu adalah penyebab utama dari berbagai macam penyakit serius. Saat tubuh kelelahan tapi tidak cukup istirahat, kondisi ini akan berdampak buruk bagi fisik dan mental. Akibatnya, kinerjamu akan terganggu, konsentrasi berkurang, hingga suasana hati yang tidak stabil. Hari ini kita akan belajar untuk mendengarkan tubuh serta mengenal tanda-tanda ketika kamu perlu istirahat dan menenangkan diri.

  1. Tubuh kaku

Perhatikan kesehatanmu, kamu butuh istirahat ketika tubuhmu kaku, terutama nyeri punggung dan lutut. Hal itu disebabkan kamu terlalu banyak memberikan tekanan pada tubuh, baik karena pekerjaan atau olahraga. Mengabaikan rasa sakit dapat meningkatkan ketegangan tubuh, jadi istirahatlah selama satu hingga dua hari dahulu.

  1. Urine gelap

Urine gelap bisa jadi tanda kamu mengalami dehidrasi akibat kebutuhan air tidak tercukupi. Meski sedang bekerja, jangan lupa untuk menghidrasi tubuh dengan air dan istirahat sejenak untuk mengembalikan energi.

  1. Kelelahan dan moody

Kelelahan dan moody atau suasana hati tidak stabil merupakan sinyal tubuhmu butuh istirahat dan menenangkan diri. Tidur adalah obat terbaik untuk memulihkan otot tubuh setelah dipaksa untuk bekerja secara berlebihan.

  1. Sering sakit
    Perhatikan kesehatanmu, saat kamu memforsir aktivitas harian atau berolahraga tanpa kenal lelah, tubuhmu justru mudah sakit. Aktivitas fisik dan olahraga teratur memang diperlukan, tapi bukan berarti melakukannya secara berlebihan. Istirahatlah selama 24 hingga 48 jam dahulu, serta biarkan ototmu pulih dengan sendirinya hingga sakit berkurang.
  1. Mual saat berolahraga

Saat tubuhmu lelah dan memaksa berolahraga, kamu justru merasa mual meski pun sudah melakukan pemanasan. Jangan dipaksakan untuk memberikan tekanan stres pada tubuh, tapi pilih bersantai sejenak untuk memulihkan tenaga.

  1. Sulit konsentrasi

Kesulitan berkonsentrasi juga dapat disebabkan karena kelelahan fisik dan mental akibat aktivitas yang diforsir. Bahaya sulit berkonsentrasi adalah tidak mampu mengerjakan aktivitas harian, mengambil keputusan yang salah, dan sering lupa.

Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, pikiran positif berperan penting bagi kehidupan dan kesehatan kita. Karena jika kita sering berpikiran buruk, energi yang buruk akan menyelimuti tubuh dan memicu stress sehingga kita harus menghindarinya. Kemudian, belajar kendalikan stress yang kita miliki. Perasaan seseorang seperti sedih, marah, cemas, kecewa, dll akan direspon oleh organ tubuh lainnya. Stress yang dialami oleh seseorang bisa menjadi pemicu terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh, yang jika dibiarkan dalam jangka waktu panjang berakibat tubuh rentan terkena penyakit.

Hal terpenting adalah setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur. Bagi kita yang tidak memiliki penyakit jantung kita bisa berolahraga berat selama 30 menit dalam sehari seperti yang kamu lakukan ketika di Curves. Tanpa olahraga, lemak yang ada di dalam tubuh tidak bisa dibakar secara sempurna sehingga lemak itu tetap akan menempel di pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Dan lemak juga bisa menempel di jantung sehingga dapat mengakibatkan serangan jantung. Oleh sebab itu olahraga sangat penting sekali untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Sehat itu mahal, jika sakit apapun yang kita punya bisa habis terjual buat berobat, oleh karena itu belajar untuk mengenal dirimu dan jalani pola hidup sehat. Hidup sehat sendiri sangat sederhana. Jika kita disiplin dalam menjalankannya, selain hemat biaya dalam menjalankannya, kesehatan kita juga akan terjaga. Tidak ada penyesalan yang datang di depan, penyesalan selalu datang belakangan. Jadi, sudah siap memulai hidup yang lebih sehat bersama Curves? Dapatkan tips-tips kesehatan menarik dan analisis kebugaran tubuh GRATIS jika kamu bergabung di Curves!