Bolehkah Makan Sebelum dan Sesudah Olahraga?


Arief WibisonoArief Wibisono, 19 Feb 2021

Anda ingin sehat bukan? Olahraga adalah jawabannya. Melalui olahraga, tubuh anda akan menjadi bugar, anda akan terlihat lebih cerah, dan kualitas kesehatan anda akan terus meningkat. Tetapi, untuk mencapai hasil yang maksimal, anda harus memerhatikan hal-hal lainnya, salah satunya yakni makanan sebelum dan sesudah olahraga.

Anda harus mulai menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Latihan Anda akan mudah sia-sia jika Anda memutuskan untuk makan lebih banyak makanan yang tidak sehat, hanya karena Anda mengira Anda telah banyak berolahraga. Jadi, pastikan Anda memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Yuk simak ulasan di bawah ini.

 

MAKAN SEBELUM LATIHAN

Mulai sekarang, anda harus selalu membiasakan sarapan sebelum melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi sebelum berolahraga. Sebaiknya Anda sarapan satu sampai dua jam sebelum olahraga.

Makanan yang mengandung karbohidrat dan protein kompleks, seperti beras merah, kentang kukus, oatmeal, almond, apel, atau kenari akan menjadi pilihan terbaik. Pastikan Anda menyisakan celah di antara waktu makan dan olahraga. Satu jam sebelum berolahraga adalah waktu terbaik untuk menikmati kudapan ringan, tetapi jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi makanan yang lebih berat, tunggulah setidaknya dua jam sebelum melakukan olahraga berikutnya.

Sarapan sehat tidak hanya membuat tubuh Anda lebih bertenaga, tetapi juga berperan untuk meningkatkan performa otak karena ikut diberi nutrisi.

 

MAKAN SESUDAH LATIHAN

Dalam beberapa waktu, Anda mungkin merasa lapar setelah beraolahraga, Hal ini wajar terjadi karena olahraga cukup menguras energimu. Tapi, mungkin Anda bingung, apakah sebenarnya setelah olahraga boleh makan atau tidak? Apakah hal ini akan memengaruhi hasil olahragamu atau tidak?

Sebenarnya, makan setelah olahraga boleh dilakukan, dengan syarat Anda harus memerhatikan apa yang anda konsumsi tersebut. Hindari makanan berat dan berlemak tinggi setelah olahraga karena perutmu akan kaget. Jika Anda memang lapar, jangan sampai anda mengosongkan perut karena tubuh Anda mungkin saja memang sedang memerlukannya, misalkan karena gula darah menurun, atau dehidrasi. Anda bisa mengonsumsi air mineral serta kudapan enak dan sehat seperti roti gandum dengan selai kacang, agar-agar tanpa gula, jus buah-buahan atau sayuran, dada ayam kukus, atau salad.

 

Fokuslah pada tujuanmu. Percayalah, proses tidak akan menghianati hasil. Dan yakinlah bahwa “Anda luar biasa”. Ladies, Anda akan melihat perubahan dalam diri Anda.