Beragam Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil


Arief WibisonoArief Wibisono, 29 Apr 2021

Beragam Manfaat Olahraga Untuk Ibu Hamil

Bagi sebagian orang, olahraga dianggap tidak perlu bahkan tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena dianggap dapat menyebabkan kelelahan dan membahayakan janin. Padahal, hamil bukan berarti berdiam diri sepanjang hari. Ibu hamil justru perlu tetap aktif bergerak dan menyempatkan diri untuk berolahraga selama jenis olahraganya aman dan tepat.

 

 

Mari simak ulasan manfaat olahraga untuk ibu hamil berikut ini.

  1. Menjaga Kebugaran dan Mengurangi Rasa Tidak Nyaman

Ketika hamil, seorang wanita akan mengalami penambahan berat badan dan perubahan fisik sehingga lebih mudah merasa lelah, sakit punggung, morning sickness, nyeri panggul, dan sembelit. Hal itu dapat diminimalisir dengan berolahraga secara teratur karena olahraga membantu menjaga fleksibilitas, menguatkan otot, dan mendorong tubuh untuk terhidrasi lebih baik sehingga menyehatkan pencernaan.

 

  1. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Kualitas Tidur

    Ibu hamil biasanya merasa tidak nyaman ketika berbaring dan sulit menemukan posisi tidur. Hal itu dapat diatasi dengan olahraga karena olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin yang berfungsi untuk menenangkan pikiran, mengurangi stress, dan meningkatkan mood. Selain itu, olahraga pun membuat ibu hamil tidur lebih cepat dan lebih lelap, sehingga kualitas tidurnya meningkat.

 

  1. Menurunkan Risiko Komplikasi Kehamilan

Kondisi kesehatan ibu hamil harus selalu stabil, namun saat hamil, kadar gula darah cenderung tinggi, belum lagi ada berbagai risiko komplikasi lainnya. Hal itu dapat diminimalisir dengan olahraga karena olahraga dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, tekanan darah, dan sebagainya.

 

 

  1. Mempermudah Proses Persalinan

Proses persalinan sangat tergantung pada kondisi tubuh ibu hamil. Semakin kuat, fleksibel, dan bugar tubuh si ibu, maka persalinan pun akan semakin lancar dan minim risiko. Olahraga membuat otot panggul dan jalan lahir bayi lebih kuat. Selain itu, sistem peredaran darah juga menjadi lebih lancar. Dengan demikian stamina dan kondisi ibu hamil pun akan semakin baik sehingga akan berdampak baik pula pada proses persalinan.

 

  1. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Kematangan otak janin akan lebih baik ketika sang ibu berolahraga secara teratur. Olahraga mempengaruhi kemampuan seluruh indra dan motorik janjin.

 

  1. Mempermudah Penurunan Berat Badan Setelah Melahirkan

Olahraga secara rutin ketika hamil dapat mencegah penumpukan lemak berlebih. Dengan demikian, setelah melahirkan pun, bobot tubuh akan lebih mudah untuk kembali normal.

 

Itulah manfaat olahraga untuk kehamilan. Namun tentu saja, para ibu hamil harus memilih jenis olahraga yang aman dan sesuai dengan kondisi tubuhnya. Salah satu jenis olahraga yang aman adalah latihan di Curves Indonesia. Para ibu hamil dapat mengonsultasikannya pada dokter dan coach pribadi terkait kondisi tubuh untuk disesuaikan dengan intensitas latihannya.