3 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Hidrasi Tubuh


Arief WibisonoArief Wibisono, 13 Sep 2021

Hidrasi berarti keseimbangan cairan dalam tubuh. Sebaliknya, dehidrasi adalah kurangnya cairan dalam tubuh yang disebabkan jumlah cairan yang keluar lebih besar daripada jumlah asupan cairan. Berikut ini adalah tiga hal yang harus diketahui mengenai hidrasi, serta hal yang terjadi jika Anda mengalami dehidrasi.

 

  1. Tubuh Manusia Terdiri Dari 60% Lebih Air

Air dibutuhkan oleh seluruh mahluk hidup, termasuk manusia. Faktanya 60%-70% tubuh manusia tersusun atas air, otak manusia tersusun atas lebih dari 70% air, paru-paru terdiri hingga 90% air, dan kulit mengandung hingga 80% air. Maka dari itu, Anda sangat perlu untuk memenuhi asupan cairan harian untuk menjaga tubuh tetap berfungsi optimal.

Rutinlah minum air sesaat setelah bangun tidur di pagi hari. Dan ingatlah untuk meminum air secara berkala setiap harinya. Jika Anda merasa bosan, agar lebih bersemangat, Anda dapar sesekali membuat infused water dengan buah-buahan favorit Anda.

Minum Air Di Pagi Hari

 

  1. Hidrasi Memberikan Banyak Manfaat

Hidrasi yang cukup setiap hari bukan hanya bermanfaat untuk melepas dahaga atau menghilangkan rasa haus. Lebih dari itu, hidrasi bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Secara fisik hidrasi bermanfaat untuk mencegah dehidrasi; mengatur suhu tubuh; distribusi oksigen dan gizi; mendukung fungsi pencernaan; melindungi sendi, sumsum tulang belakang dan jaringan;  menjaga sistem kardiovaskuler; menjadi media pembuangan sisa metabolisme tubuh; membantu pengeluaran racun; membantu memaksimalkan fungsi otak; hingga membuat kulit lebih bercahaya. Kemudian, secara mental, hidrasi bermanfaat untuk menjaga konsentrasi dan mood.

 

  1. Olahraga Atau Pekerjaan Berat Membutuhkan Lebih Banyak Konsumsi Air

Ketika melakukan olahraga atau pekerjaan berat, tubuh membutuhkan lebih banyak air. Bukan hanya setelah melakukan aktivitas tersebut, namun Anda juga perlu mengonsumsi lebih banyak air sebelum melakukannya agar tubuh Anda siap dan tidak kekurangan cairan.

Dalam aktivitas olahraga, hidrasi yang baik dapat membuat latihan menjadi lebih baik pula. Dengan hidrasi yang baik, Anda akan kehilangan lemak lebih cepat, serta mendapat kinerja mental dan fisik yang lebih maksimal. Hidrasi sangat penting untuk mendapatkan hasil yang baik pada otot atau lemak tubuh.

Olahraga Di Curves Indonesia

Apa Yang Terjadi Jika Mengalami Dehidrasi?

Setelah beraktivitas, terlebih jika cuaca panas, tubuh Anda akan berkeringat, dan Anda pun akan merasa haus. Hal ini pertanda bahwa tubuh Anda mulai kehilangan cairan tubuh. Jika mengalami hal ini, cara termudah mengatasinya adalah dengan minum air. Jika Anda mengesampingkan asupan cairan, Anda pun akan mengalami dehidrasi.

Dehidrasi akan menimbulkan dampak buruk, dari mulai dampak yang ringan hingga berat. Beberapa dampak dehidrasi ringan biasanya berupa gangguan fungsi kognitif yang bisa langsung Anda rasakan, seperti mengantuk, mudah lelah, dan penurunan daya ingat. Anda juga dapat mengidentifikasi kurangnya cairan dari ciri fisik, seperti frekuensi buang air kecil yang minim; keringnya mulut dan bibir; lidah yang sedikit bengkak; kurang elastisnya kulit; susah buang air besar atau sembelit; merasa mudah pusing; dan jantung terasa berdebar-debar.

Maka dari itu, jangan malas minum air!

 

Bagaimana Cara Agar Tidak Lupa Minum Air?

Minum air terkadang terlupakan, misalnya karena kesibukan. Salah satu cara agar Anda ingat untuk memenuhi asupan cairan adalah dengan membawa botol minum pribadi kemanapun Anda pergi. Carilah botol minum dengan desain yang menarik dan berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya Curves Water Bottle. Dengan Curves Water Bottle, Anda akan ingat untuk minum, sekaligus ingat untuk rutin berolahraga! Benarkan? 😀

Botol Minum

Konsultasikan Gaya Hidup Terbaik Untuk Anda

Anda perlu menerapkan gaya hidup yang lebih baik agar tetap sehat di masa sekarang dan di masa depan dalam jangka waktu yang panjang. Cobalah mulai dengan cek kebugaran dan komposisi tubuh Anda secara GRATIS di Curves Indonesia, dan dapatkan konsultasi secara pribadi dengan coach kami.

Segera kirimkan Nama+No HP+Klub Terdekat ke Instagram Curves Indonesia. Selanjutnya, staff Curves akan menghubungi Anda untuk mengatur janji temu.