Artikel & Tips
Motivasi, inspirasi, serta informasi untuk menjalankan hidup sehat


27 May 2022

Apakah kamu sudah makan saat membaca ini?
Banyak dari kita yang gak bisa ingat jenis makanan apa yang terakhir kamu makan, apalagi sensasi dari proses makan. Sebuah laporan dari Badan Agrikultur di Amerika Serikat menunjukkan kalau kita terbiasa makan sambil melakukan hal lain: bekerja, menyetir, membaca, nonton TV, scrolling sosmed…

Hal ini membuat kita tak lagi menyadari penuh apa saja hal yang kita makan, dan diprediksi menjadi salah satu alasan terjadinya kelebihan berat badan serta berbagai masalah kesehatan lainnya.

Apa Itu Mindful Eating?
Mindful atau “penuh kesadaran” adalah fokus terhadap momen yang sedang dijalani, dan menyadari serta menerima perasaan, pikiran serta sensasi ragawi yang muncul karenanya. Tujuannya adalah untuk membantu kita menghargai setiap proses dan memperhatikan jenis makanan yang masuk dalam tubuh kita.

Mindful Eating akan sangat membantumu lebih menikmati makanan dan membuatmu hanya makan di saat lapar. Kamu bisa melakukan Mindful Eating dengan makanan apapun, karena ini berkaitan dengan ‘bagaimana’ kamu makan, dibandingkan ‘apa’ yang kamu makan. Kamu akan mengunyah makanan dengan lebih baik, mengonsumsi makanan secukupnya, dan mengerti kebutuhan dirimu dengan lebih baik.

Lebih jauh, Mindful Eating bisa membuat suasana hatimu lebih baik, menurunkan gangguan kecemasan, dan membantu menjaga kesehatan pencernaan, bahkan menurunkan berat badan, lho!

Kedengaran sulit? Jangan dulu ragu, karena menurut Amy Goldsmith, R.D.D., ahli diet dari Maryland – AS, “Semua orang bisa melakukannya. Hampir tiap orang kehilangan perasaan lapar karena mereka gak lagi makan saat lapar, tapi saat sempat.”

Dengan menerapkan prinsip Mindful Eating, kamu bisa lebih sehat–fisik maupun psikis! Kami kumpulkan beberapa tips untuk membantumu melakukan Mindful Eating:

  • Bersiaplah untuk makan, jangan ketika kamu terlalu lapar. Kalau kamu kelaparan, ada kecenderungan untuk makan banyak dengan prioritas memenuhi perut tanpa betul-betul menikmati makanan. Pastikan kamu makan sambil duduk, tanpa ditemani buku atau ponsel untuk di-scroll.
  • Mulailah dengan porsi kecil. Pilih piring yang lebih kecil, dan kamu boleh tambah sedikit-sedikit kalau masih kurang.
  • Apresiasi makananmu. Berhentilah selama satu-dua menit sebelum makan untuk bersyukur atas semua usaha yang dilakukan untuk mendapatkan makanan di hadapanmu, dan orang-orang yang ada di sekitarmu.
  • Nikmati setiap suapan, cobalah untuk menyadari semua warna, tekstur, aroma, bahkan bunyi yang dihasilkan saat kamu makan. Kamu juga bisa menebak bumbu-bumbu apa yang ditambahkan ke makanan.
  • Suap sedikit-sedikit, karena akan lebih mudah mencicipi rasa makanan saat mulutmu tidak terlalu penuh. Simpan alat makan di piring ketika kamu mengunyah.
  • Kunyah dengan sempurna, 20-40x kunyahan hingga kamu betul-betul merasakan rasa makanan. Seringkali, kamu akan merasa kagum dengan semua rasa yang muncul.
  • Makan perlahan. Jika kamu mengikuti semua tips di atas, kamu akan makan dengan lebih tenang. Lakukan makan penuh kesadaran ini paling tidak 5 menit sebelum kamu berbincang dengan teman semejamu.

Tentu saja untuk menurunkan berat badan, tidak hanya Mindful Eating yang perlu kamu lakukan. Kamu juga perlu memilih makanan yang lebih baik dan tentunya melakukan olahraga!

Coba Curves yuk!
Di Curves, kamu bisa berolahraga lengkap hanya dalam 30 menit dan Coach juga akan membantu kamu untuk mengubah gaya hidupmu lebih sehat.

Bulan Juni besok kita akan memulai 90 Days to Amaze Program, nih! Sebuah program intensif yang membantu kamu menerapkan banyak kebiasaan baik dan mudah dalam hidupmu…termasuk Mindful Eating!

Hubungi Curves untuk informasi selengkapnya yaa!


20 May 2022

Sebagai perempuan, kesehatan tulang seringkali kita abaikan karena dianggap gak penting. Padahal, 80% penderita osteoporosis adalah perempuan! Hal ini disebabkan karena tulang perempuan lebih kecil dan tipis dibandingkan pria dan adanya penurunan estrogen–hormon yang melindungi tulang, seiring usia hingga masa menopause.

Tidak hanya resiko dari usia, sepanjang hamil dan menyusui, banyak perempuan yang mengalami penurunan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan kurangnya kalsium dan vitamin D, dan bisa menjadi masalah lebih besar di kemudian hari.

Orang sering berpikir kalau tulang keropos adalah bagian dari penuaan. Tapi sebetulnya, kita bisa mencegah, mendeteksi dan mengatasi masalah ini, lho! Olahraga dapat membantu kamu melindungi tulangmu dan menurunkan resiko masalah tulang.

Ada berbagai jenis olahraga, namun yang cukup efektif untuk membangun tulang yang kuat adalah latihan beban dan kekuatan otot. Latihan jenis itu bertipe spesifik. Jadi, kalau kita latihannya kaki, tulang di area bagian atas tubuh kita tidak secara otomatis mendapatkan manfaat.

Latihan Beban
Saat tubuh kita secara aktif harus menanggung beban tertentu (biasanya beban tubuh sendiri), tulang kita akan mendapat tekanan yang dapat membantunya lebih kuat. Jalan kaki, lompat tali, hingga olahraga permainan seperti tennis, badminton, basket, atau sesimpel naik tangga, bisa dikategorikan latihan beban.

Latihan Kekuatan Otot
Walaupun berfokus pada peningkatan massa otot, latihan kekuatan juga sangat mempengaruhi kepadatan tulang. Menggunakan mesin tertentu, melakukan latihan seperti push-up dan plank atau elastic band juga termasuk latihan otot.

Sayangnya, banyak dari kita merasa kesulitan menyempatkan diri berolahraga di tengah aktivitas harian yang sudah sangat padat.
Kalau kamu adalah perempuan aktif yang ingin berolahraga demi kesehatan tulangmu, jangan khawatir!

Sekarang kamu bisa berolahraga lengkap hanya dalam 30 menit saja! Lebih kuat dan lebih sehat, bersama Curves! Kami menggunakan latihan dengan pola sirkuit yang sangat penting untuk membantu tulangmu tetap kuat.

Dua jenis latihan penguat tulang bisa kamu temukan di Curves, yang memadukan latihan kardio, latihan beban serta kekuatan otot yang telah terbukti mampu menstimulasi pertumbuhan tulang, memperbaiki kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis. Kami menggunakan mesin hidrolik spesial yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan kamu.

Jangan ragu lagi, segera hubungi kami untuk informasi lebih lengkap ya!


13 May 2022

Seringkali kita melupakan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi. Padahal, gangguan pada reproduksi bisa berakibat fatal, mulai dari gangguan seksual, sulit merencanakan kehamilan, hingga kematian.

Banyak yang tidak menyadari, kalau kebiasaan sehari-hari kita berdampak besar terhadap kesehatan reproduksi. Apalagi, kurangnya pengetahuan terkait organ reproduksi perempuan pun masih sering ditemui. Padahal, untuk bisa merawat dan menjaga, kita harus mengenal bagian-bagian organ reproduksi kita dengan baik.

Jagalah Kebersihan
Menjaga kebersihan merupakan kunci utama dalam mencegah munculnya gangguan reproduksi. Kamu bisa mencari cara membersihkan dengan benar. Cara yang tidak tepat bisa menyebabkan infeksi dan penyakit yang sangat mengganggu kualitas hidupmu.

Pola Makan Sehat
Untuk menjaga kesehatan reproduksi, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak protein, lemak sehat, antioksidan, serat, vitamin dan mineral.

Konsumsi Minyak Zaitun
Minyak Zaitun dapat membantu mengurangi resiko PCOS yang merupakan gangguan hormon yang sering ditemui pada wanita di usia subur.

Hindari Rokok
Merokok adalah kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan, termasuk kesehatan reproduksi. Zat-zat beracun di dalam rokok bisa mengurangi jumlah dan kualitas sel telur dan mengganggu kesehatan rahim.

Cukup Istirahat dan Kelola Stress
Wanita dewasa disarankan untuk tidur setidaknya 7 jam setiap malam untuk memastikan seluruh organ berfungsi dengan baik. Stress juga sangat mempengaruhi hormon dan kesehatan reproduksi kamu.

Berolahraga Teratur
Rutin berolahraga dan hidup aktif akan membuat tubuh bugar dan sehat. Lakukan kardio, latihan kekuatan otot dan peregangan yang bisa membantu otot-otot di sekitar panggul dan kandung kemih. Olahraga juga berfungsi membuat tubuh semakin rileks dan mengurangi stress.

Kamu bisa memulai hidup sehat bersama Curves. Latihan di Sirkuit Curves yang hanya 30 menit telah terbukti efektif membantu kebugaran kamu. Kombinasi antara latihan kardio, kekuatan otot dan peregangan yang dirancang khusus untuk perempuan, menjadi pilihan banyak para member kami yang sedang menjalankan program perencanaan kehamilan juga, lho!

Tanya-tanya lebih lanjut tentang Curves dan kunjungi IG kami, yuk!


27 Apr 2022

Kita membutuhkan gula dalam semua makanan sehari-hari. Tapi ada jenis gula tersembunyi yang terdapat di berbagai jenis makanan dan minuman kita, dan menyebabkan banyak masalah kesehatan!

Riset menunjukkan konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan, obesitas, kelelahan serta resiko penyakit jantung dan diabetes.

Dari Peraturan Menteri Kesehatan, konsumsi gula sebaiknya gak lebih dari 50gr/4 sdm setiap hari–dan ini sudah termasuk gula alami dari makanan dan minuman kita.

Kalau kelebihan gula, biasanya awal-awalnya nih kita merasa bertenaga, karena insulin mengubah gula menjadi energi dan membuat gula darah meningkat. Tapi kemudian kita akan jadi merasa lemas dan lelah. Gak hanya itu, biasanya kita juga ingin makan manis terus-terusan, dan hal ini mirip dengan pola kecanduan obat terlarang! Kita juga bisa jadi super moody, lho. Dan, karena hormon kita terganggu, biasanya kulit akan sensitif dan berjerawat. Efek buruk lain seperti karang gigi, berkurangnya fungsi kognitif otak sehingga kurang konsentrasi, ambang batas rasa manis yang meningkat, hingga depresi juga kerap ditemui pada mereka yang mengonsumsi terlalu banyak gula.

Salah satu cara paling efektif mendeteksi gula tersembunyi tentu saja dengan membaca label makanan. Mereka biasanya sudah tersamar dengan nama-nama bahan yang diakhiri dengan “-osa” termasuk: fruktosa, maltosa, sukrosa, dekstrosa, juga menggunakan kata sirup atau gula/sugar.

Biasanya, makanan olahan memiliki tambahan gula, lho. Termasuk diantaranya adalah:
Mi instan
Saus-sambal-kecap
Bumbu salad
Roti
Yogurt
Minuman manis
Sereal sarapan
Protein bar
Susu dengan rasa
Buah kering
Jus buah kemasan

Ada yang masih mengonsumsi beragam makanan dan minuman di atas gak nih? Sebaiknya kita mulai mengurangi asupan makanan-minuman manis dan lebih memilih cemilan berupa buah, sayur dan tentunya selalu minum air putih. Memasak di rumah juga menjadi pilihan yang lebih baik, termasuk jika ingin membuat cemilan atau jus. Dan ingat, meskipun diklaim ‘sehat/rendah gula/organik’ sekalipun, kita harus tetap cek bahan-bahannya yaaa.

Kurangi efek buruk gula berlebih dengan berolahraga! Untukmu perempuan aktif dengan waktu terbatas, kamu bisa coba mulai latihan di Curves. Dengan target yang jelas, Coach yang selalu siap mendampingi dan atmosfer nyaman, kita bisa menjadi lebih sehat bersama!

Temukan Curves terdekat dari lokasimu dan hubungi kami!


08 Apr 2022

Sepanjang tiga bulan pertama 2022, Curves telah membuka 3 klub baru di 3 kota besar! Sesuai dengan permintaan banyak wanita, Curves berusaha keras untuk lebih dekat denganmu. Berikut adalah tiga klub terbaru kami, Ladies!

Curves Kebayoran Lama

Berlokasi di Jl. Ciputat Raya, Curves Kebayoran Lama terletak tidak jauh dari pusat keramaian dan perkantoran. Anda yang tinggal atau berkantor di sekitar Jakarta Selatan, dapat menjadi member Curves Kebayoran Lama. Selain mudah dijangkau, lokasinya terletak di tepi jalan, olahraganya pun hanya 30 menit! Anda bisa menyisipkan latihan Curves di sela-sela makan siang atau ketika menunggu kemacetan di jam pulang kantor.

Curves BSD – Tangerang Selatan

Curves BSD dibuka di awal Maret 2022 dan menjadi salah satu klub yang paling ditunggu oleh masyarakat di sekitar Tangsel. Berlokasi di Ruko BSD Sektor 7, banyak member baru kami yang merupakan warga sekitar ataupun mereka yang berkantor di area BSD.

Curves Kemang Pratama

Klub ke-15 Curves di Indonesia didirikan di Kemang Pratama Raya – Bekasi pada 21 Maret 2022 dan siap untuk membantu lebih banyak wanita untuk jadi kuat dan sehat! Animo pengunjung yang cukup besar membuat Curves Kemang Pratama menjadi klub dengan 61 member di hari pertamanya Grand Opening!

 

Semua klub Curves, baik yang sudah lama berdiri maupun yang baru, memiliki Coach yang sudah menjalani pelatihan khusus kami terkait kebugaran tubuh, kesehatan wanita serta mesin spesial Curves. Dalam setiap pembukaan, kami mengajak semua orang untuk datang dan mencoba sendiri pengalaman menjadi member yang menyenangkan.

Datanglah ke klub kami di jam operasional:

Untuk melakukan Analisis Tubuh dan Club Tour GRATIS!