Manfaat Menggabungkan Latihan Kardio dan Kekuatan Otot


Arief WibisonoArief Wibisono, 14 Aug 2021

Banyak wanita yang hanya fokus latihan kardiovaskuler, dan mengabaikan latihan kekuatan otot karena menganggap bahwa melatih otot hanyalah untuk laki-laki. Banyak wanita yang menganggap latihan otot akan membuat badan mereka menjadi besar dan kekar seperti badan laki-laki, padahal hal itu keliru. Latihan kekuatan otot justru dapat membentuk tubuh wanita, dan memberikan banyak manfaat lainnya seperti untuk membakar kalori, menurunkan kadar lemak tubuh, melatih sendi, dan menambah ketangkasan, sehingga bisa lebih aktif dan produktif setiap hari.

Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, latihan Curves dibuat lengkap, yakni menggabungkan latihan kardiovaskuler dan kekuatan otot. Apa saja manfaat menggabungkan latihan kardio dan kekuatan otot? Simak ulasannya di bawah ini.

 

  1. Meningkatkan Metabolisme dan Membakar Lemak

Menggabungkan latihan kardio dan kekuatan otot dapat mempercepat laju metabolisme yang membantu penyerapan nutrisi menjadi lebih cepat. Menggabungkan kedua jenis latihan ini dapat membantu pembakaran kalori tidak hanya saat latihan, namun juga saat tubuh sedang istirahat. Maka dari itu, latihan seperti ini adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan lemak.

 

  1. Membentuk Tubuh

Latihan kekuatan otot tidak akan membuat wanita menjadi kekar seperti pria. Dengan latihan kekuatan otot yang dikombinasikan dengan latihan kardio, para wanita justru akan mendapatkan tubuh yang lebih kencang dan indah.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Sendi

Melatih kekuatan otot adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah kerapuhan tulang atau osteoporosis. Dengan latihan kardio yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan, otot dan sendi Anda akan terlatih dan menjadi jauh lebih kuat, sehingga Anda akan terhindar dari nyeri otot dan sendi, dan potensi Anda terkena osteoporosis akan berkurang drastis.

 

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular dan Diabetes

Wanita yang rutin melakukan latihan kardio dan kekuatan otot berisiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskuler dan diabetes. Hal ini disebabkan karena latihan rutin berpengaruh besar pada peningkatan sistem imun dan membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh.

 

  1. Mengurangi Stress dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Saat olahraga, tubuh melepaskan endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih bersemangat dan membuat mood Anda lebih baik. Ketika berolahraga, Anda pun akan fokus berlatih dan melupakan hal-hal lain yang membuat Anda stress dan cemas. Olahraga pun membuat tubuh Anda memerlukan regenerasi dan istirahat sehingga kualitas tidur Anda akan meningkat. Cobalah rutin berolahraga maka tidur Anda akan lebih nyenyak, dan Anda akan merasa lebih bugar ketika bangun tidur.

 

  1. Menurunkan Risiko Demensia

Latihan kardio dan kekuatan otot juga ternyata bermanfaat dalam jangka panjang. Bukan hanya merasa lebih bugar dan sehat, menggabungkan kedua jenis latihan ini juga ternyata membantu memlihara dan melatih fungsi otak. Dengan demikian, otak Anda akan lebih aktif, lalu Anda pun akan memiliki daya ingat yang lebih baik, dan risiko Anda terkena demensia pun akan menurun.

 

Dengan demikian, tunggu apa lagi? Mari bergabung bersama Curves Indonesia, lakukan gabungan latihan kardio dan kekuatan otot, dan rasakan manfaatnya.

 

Ingin Mengetahui Lebih Lanjut Tentang Curves Indonesia?

Silahkan Klik Tautan Di Bawah Ini

Tentang Curves Indonesia

Daftar Lokasi Curves Indonesia

Instagram Curves Indonesia

Facebook Curves Indonesia

Youtube Curves Indonesia